Bawaslu Riau Siap Wujudkan Pilkada 2020 yang Berintegritas

Pekanbaru-Anggota Bawaslu Provinsi Riau Gema Wahyu Adinata menjadi pembicara di TVRI riau pada program Riau Cemerlang, (Senin, 7 Oktober 2019).


Di pandu moderator Rizal, Tema yang dibahas pada Riau cemerlang kali ini yaitu tahapan pilkada 2020.
Pada kesempatan tersebut Gema menyampaikan bahwa pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada 23 september 2020 tahapannya sudah di mulai di tahun 2019.


Dimulai dengan penganggaran terhadap pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan di 8 kabupaten dan 1 kota di riau, sudah dilakukan penandatanganan NPHD oleh pemerintah daerah dan bawaslu kab/kota di 7 daerah, kecuali kuansing yang akan dilakukan siang ini dan indragiri hulu yang masih dilakukan penyusunan ulang terhadap anggarannya.
Selain anggaran, tahapan selanjutnya adalah pembentukan jajaran penyelenggara tingkat kecamatan (PANWASCAM) yaitu pada desember 2019, sedangkan PPK dibentuk pada januari 2020


Evaluasi dari pelaksanaan pemilu 2019 lalu, bawaslu akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait aturan, pelanggaran pilkada, pelaporan terhadap adanya pelanggaran, dan pengawasan partisipatif.
Bawaslu riau juga akan meningkatkan pencegahan pelanggaran pilkada 2020 berdasarkan evaluasi pemilu sebelumnya dan indeks kerawanan yang telah dipetakan.


Terkahir, pada forum yang juga dihadiri pengamat politik DR. Panca setyo prihatin, gema “mengajak semua masyarakat riau untuk ikut perpartisipasi mewujudkan pemilu yang berintegitas, yaitu dengan menjadi pemilih berintegritas sehingga diharapkan terpilihnya pemimpin yang berintegritas”, tutupnya.

Humas-Bawasluriau

288total visits,1visits today