Ketua Bawaslu Riau Monitoring Pengawasan Coklit di Kediaman Sekdaprov Riau

Bawaslu Riau, Pekanbaru – Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal lakukan monitoring pengawasan pencocokan dan penelitian atau coklit daftar pemilih oleh Petugas Pendataan Daftar Pemilih (Pantarlih) di kediaman Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto, Kamis (09/03/2023) sore.

Alnofrizal yang didampingi Anggota Bawaslu Riau Nanang Wartono beserta staf sekretariat memastikan Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan melakukan pengawasan terhadap coklit yang dilakukan oleh petugas Pantarlih.

Sesuai Surat Instruksi Bawaslu Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. Salah satu poin dalam instruksi tersebut adalah mengawal secara langsung dengan mendatangi pemilih.

“Tentu kita perlu memastikan bahwa masyarakat di Riau semua tercoklit dalam Pemilu mendatang. Pelaksanaan monitoring pengawasan dilakukan bersama dengan mendatangi petugas Pantarlih yang sedang melakukan coklit di kediaman Sekdaprov Riau,” kata mantan Anggota Komisi Informasi Riau ini.

“Kita perlu apresiasi pak Sekda dengan kesibukan beliau masih meluangkan waktu menerima kita penyelenggara Pemilu untuk melakukan coklit, dalam melakukan pencocokan data pemilih dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang,’ tambah Alnof.

Setelah proses pelaksanaan coklit, petugas Pantarlih menempel stiker yang menunjukan penghuni rumah sudah dicoklit. Selanjutnya Sekda bercengkrama dengan jajaran Pengawas Pemilu dan KPU Pekanbaru.

Penulis : Angga
Editor : Aisyah